thumb

Waspada Kalori Tersembunyi Dalam Makanan Anda

Caption

PONTIANAK - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak menggelar penyuluhan kesehatan kepada 32 pasien dan pengunjung rawat jalan dengan tema "Waspada Kalori Tersembunyi Dalam Makanan Anda", Selasa (17/10/2023).

Daryati, S.KM memaparkan, kalori tersembunyi adalah kalori yang berasal dari makanan atau minuman yang porsinya tidak terlalu besar namun ternyata berdampak pada penambahan asupan kalori harian Anda.

"Segelas kopi manis dipagi hari kelihatannya sedikit porsinya namun ternyata  mengandung 100 kalori yang berasal dari 2 sdm gula pasir," paparnya.

Daryati, juga menambahkan bahwa sarapan pagi dengan 2 buah bakwan goreng saja mengandung 274 kalori yang berasal  dari minyak dan tepung terigu,  justru lebih besar dari  kandungan kalori 100 gram nasi putih yaitu 175 kalori saja.

"Selain gorengan, buah-buahan juga mengandung kalori yang berasal dari karbohidrat, contoh pepaya seberat 110 gram mengandung 50 kalori, jelasnya.

Dia berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat dapat mulai memperhatikan kesehatannya, dengan menghitung kalori dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari sesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan.

"Membuat perubahan kecil dalam pola makan akan berdampak besar pada kesehatan, tingkatkan kesehatan dengan membuat pilihan makanan yang cerdas," pungkasnya.( pkrs-humas/rsudssma )

Caption