thumb

Waspada Hipertensi, “The Silent Killer”, RSUD SSMA Gelar Penyuluhan

 

Pontianak - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan penyuluhan kesehatan kepada 55 pasien dan pengunjung rawat jalan tentang Hipertensi, Senin (6/11/2023).

Siti Rahima Harahap, S.Kep.,Ners, Perawat menuturkan hipertensi adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah memiliki tekanan darah tinggi yaitu tekanan darah sistolik lebih dari sama dengan 140 mmHg atau tekanan darah diastolik lebih dari sama dengan 90 mmHg.

“Beberapa faktor pemicu dari hipertensi meliputi usia, genetik, pola makan yang salah, jarang olahraga, kegemukan, stres, minum alkohol dan merokok” tutur Siti Rahima.

Siti Rahima bilang masyarakat harus lebih waspada terhadap hipertensi atau biasa dikenal dengan the silent killer, penyakit ini sering terabaikan karena banyak orang yang mengalami hipertensi tanpa ada keluhan.

“Tanda dan gejala hipertensi yang umumnya dialami pasien yaitu sakit kepala, lelah, sesak nafas, rasa berat di tengkuk, kesemutan dan lemas” kata Siti Rahima. 

Hipertensi harus dikendalikan agar tidak menimbulkan komplikasi yang tidak diinginkan seperti gagal jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Siti Rahima juga menambahkan agar masyarakat mulai menerapkan pencegahan penyakit hipertensi dalam kehidupan sehari-hari dengan mengkonsumsi gizi seimbang, kurangi/hindari minum alkohol, berhenti merokok, menurunkan berat badan, olahraga teratur minimal 3-5 kali seminggu, hindari stres, dan istirahat yang cukup, pungkasnya (pkrs-humas/rsudssma)