thumb

Sering Alami Gula Darah Rendah, RSUD SSMA Gelar Penyuluhan Kenali Hipoglikemia

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan edukasi kepada 6 pasien pengunjung rumah sakit tentang Kenali Hipoglikemia. Jumat (6/10/2023).

Perawat Mardiana, S.Tr.Kep menuturkan Hipoglikemia adalah kondisi seseorang ketika kadar gula dalam darahnya menurun dibawah batas normal (< 70 mg/dL).

“hipoglikemia ini dapat dialami oleh siapapun, namun kondisi ini cukup sering dialami oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes melitus" jelas Mardiana.

Dia menambahkan, hipoglikemia tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup serius hingga kematian, oleh sebab itu penting untuk mengetahui serangkaian informasi mengenai penyebab, gejala, dan cara mengatasi hipoglikemia.

Dengan penyuluhan ini, Mardiana berharap agar masyarakat dapat memiliki pemahaman yang lebih baik dalam mengenali gejala hipoglikemia dan mengetahui cara mengatasi serta mencegahnya.

"Segera konsumsi larutan air gula atau makanan tinggi gula seperti permen jika mengalami lelah, pusing, gemetar, pucat, keringat dingin atau jantung berdebar, dengan cara melarutkan 2 sdm gula pasir ke dalam segelas air putih" pungkasnya. (pkrs-humas/rsudssma)