thumb

RSUD SSMA Gelar Edukasi Radang Gusi atau Gingivitis

PONTIANAK - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie  (SSMA) menggelar edukasi kepada 14 orang pasien dan pengunjung tentang Radang Gusi atau Gingivitis, Selasa (12/12/2023). 

drg Ismi Khairunnisa menuturkan radang gusi atau disebut juga Gingivitis merupakan inflamasi atau peradangan yang menyerang jaringan lunak di sekitar gigi. Menurutnya penyebab peradangan gusi adalah adanya penumpukan plak yang apabila tidak dibersihkan akan menjadi karang gigi.

"Menunda perawatan gigi ketika muncul gejala gingivitis akan menyebabkan peradangan lanjutan hingga ke jaringan pendukung  gigi yang disebut Periodontitis," terangnya ketika memberikan penyuluhan. 

Ismi menambahkan, masyarakat perlu mengetahui gejala gingivitis yang dapat muncul seperti gusi mudah berdarah saat sikat gigi, gusi berwarna kemerahan atau bengkak, gigi mudah patah, bau nafas tidak sedap, dan rasa sakit saat mengunyah.

"Lakukan pencegahan radang gusi atau gingivitis dengan sikat gigi 2 kali sehari, minum air putih dalam jumlah banyak untuk menetralkan pH mulut, pola makan seimbang, dan memeriksakan rutin kedokter gigi, setiap 6 bulan sekali," pungkasnya. ( pkrs-humas/rsudssma )