thumb

RSUD SSMA Gelar Edukasi Prinsip Makan 3J

PONTIANAK- Penderita diabetes perlu menjalankan pola makan yang tepat untuk mengatur kadar gula darahnya agar tetap terkendali dengan menggunakan prinsip 3J yaitu yaitu mengontrol jumlah makanan, memilih jenis makanan yang baik untuk gula darah dan mengatur jadwal makan.

Hal ini diungkapkan Daryati, SKM ketika memberikan edukasi kesehatan kepada 8 pasien diabetes yang berkunjung ke Klinik Edukasi Diabetes Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Jumat, (29/10/2023). 

Menurutnya pengaturan asupan makan untuk penderita diabetes sebenarnya tidak jauh berbeda dari orang sehat yaitu menerapkan gizi lengkap dan seimbang.

"hanya saja konsumsinya harus sesuai dengan kebutuhan harian terutama penggunaan lemak, gula, dan garam untuk tambahan makanan," ujarnya. 

Dia menambahkan bahwa jumlah kalori harian seseorang dengan diabetes berbeda-beda setiap individu hal itu ditentukan oleh jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik, status gizi, kehamilan, dan stress metabolik.

"Penderita diabetes perlu mengkonsumsi asupan dalam jumlah yang cukup disetiap sesi makan dengan konsep piring yaitu membagi isi piring menjadi 4 bagian ½ piring dengan sayuran dan buah, ¼ piring diisi dengan lauk pauk rendah lemak dan ¼ piring lagi diisi dengan Karbohidrat komplek atau berserat tinggi seperti nasi merah, jagung dan lainya," jelasnya. 

Dia menghimbau seseorang dengan diabetes juga harus memperhatikan pemilihan bahan makanan yang tepat jenisnya yang terdiri dari karbohidrat yang berserat tinggi sebesar 45-65% dari total kebutuhan kalori, kebutuhan protein sebesar 10-20% dari total kebutuhan kalori, asupan lemak yang dianjurkan sebesar 20-30% dari total kebutuhan kalori.

"Untuk konsumsi serat 20-35 gr sehari sedangkan kebutuhan Natrium yang dianjurkan hampir sama dengan orang sehat  < 1500 mg/hari pada prinsipnya semakin beragam semakin baik“ imbuhnya. 

Penderita diabetes perlu mengikuti jadwal makan yang  teratur setiap hari dengan tujuan untuk mengurangi beban kerja tubuh agar tidak terlalu berat dalam mencerna, menyerap zat gizi, dan menjaga gula darah tetap stabil (pkrs-humas/rsudssma).