thumb

RSUD SSMA Berbagi Informasi Tentang Mitos dan Fakta Seputar Penggunaan Obat

PONTIANAK - Obat adalah suatu bahan yang digunakan untuk mengurangi atau menyembuhkan suatu penyakit, dan dalam beberapa momen tertentu dalam hidup seseorang pasti mengonsumsi obat. 

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, muncul berbagai mitos dan fakta seputar penggunaan obat-obatan. Hal tersebut disampaikan oleh Apt. Devi Yulianti, S. Farm ketika memberikan informasi kesehatan tentang Mitos dan Fakta Seputar Obat-Obatan kepada 30 pasien dan pengunjung UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Rabu, 3/4/2024.

“Salah satu mitos yang berkembang dimasyarakat diantaranya penggunaan antibiotik untuk semua penyakit, padahal hal tersebut keliru, faktanya antibiotik hanya akan efektif menyembuhkan penyakit akibat infeksi bakteri” jelas devi

Penggunaan antibiotik tanpa resep dokter dan memakai antibiotik sembarangan dapat menyebabkan resistensi antibiotik yang membuat obat-obatan ini menjadi kurang efektif dalam mengobati infeksi di masa depan.

Menurutnya, mitos lain yang sering beredar dimasyarakat bahwa terlalu banyak konsumsi obat menyebabkan penyakit ginjal, faktanya ada beberapa penyakit jika tidak diobati justru dapat menyebabkan komplikasi dan memperburuk penyakit pasien.

Devi menambahkan yang lebih sering ditanyakan pasien perihal penggunaan obat paten “mahal” akan lebih manjur dari obat generik “murah”. Tidak benar jika ada orang yang beranggapan demikian, yang perlu masyarakat tahu bahwa baik obat paten maupun obat generik itu memiliki khasiat yang sama dalam menyembuhkan penyakit.

“Mengenali perbedaan antara mitos dan fakta seputar obat-obatan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri. Dengan mematuhi anjuran dokter dan tidak sembarangan menggunakan obat saat sakit merupakan salah satu upaya agar penyakit yang kita derita tidak mengalami perburukan dan cepat sembuh” tutupnya (pkrs-humas/rsudssma/2024)