thumb

RSUD SSMA Berbagi Informasi Cara Penggunaan Obat Inhalasi

PONTIANAK - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan informasi dan edukasi kesehatan kepada 20 pasien dan pengunjung tentang Cara Penggunaan Obat Inhalasi, Rabu, (29/11/2023)

Apoteker Fikri Destari, S. Farm menuturkan terapi inhalasi adalah pemberian obat secara langsung ke dalam saluran pernapasan. Pada umumnya merupakan produk aerosol dengan menggunakan alat semprot mekanik.

“Penggunaan obat inhalasi memiliki keunggulan yaitu cepat mencapai sasaran, dosis yang digunakan kecil dan efek sampingnya minimum,” ujarnya. 

Menurutnya terapi inhalasi yang sering digunakan yaitu Metered Dose Inhaler (MDI), Dry Powder Inhaler (DPI), Nebulizer dan Inhalasi sederhana/tradisional.

"terkait cara penggunaan alat inhalasi rata-rata hampir sama namun disesuaikan kembali dengan alat yang digunakan" kata Fikri ketika memberi penyuluhan. 

Namun setelah penggunaan alat inhalasi, kata fikri disarankan berkumur untuk mengurangi kemungkinan terjadinya sariawan.(pkrs-humas/rsudssma)