thumb

Peringati Hari Oesteoporosis Sedunia, RSUD SSMA Gelar Penyuluhan

 

PONTIANAK - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak mengelar penyuluhan kesehatan kepada 50 pasien dan pengunjung rumah sakit tentang Membangun Tulang Lebih Baik, Jum’at (20/10/2023)

Tepat hari ini, 20 Oktober 2023 diperingati sebagai Hari Osteoporosis Sedunia. Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari penyakit osteoporosis.

dr. Nihayatus Solikhah mengatakan Osteoporosis merupakan penyakit ketika kepadatan tulang secara perlahan berkurang, sehingga tulang menjadi lemah dan rentan akan fraktur (patah tulang).

“Gejala umum yang biasa dialami oleh pasien seperti sakit punggung akibat tulang belakang patah atau kolaps, menurunnya tinggi badan dari waktu ke waktu, dan tulang mudah patah, imbuhnya

dr. Niha menambahkan tidak ada obat dapat benar-benar menyembuhkan osteoporosis, tetapi fokuslah dalam mencegah patah tulang dan memperkuat tulang dengan rutin berolahraga seperti yoga, menghindari penggunaan alas kaki yang licin ketika keluar rumah dan memasang pegangan dinding, memasang karpet, atau menggunakan sandal khusus untuk mencegah terjatuh di kamar mandi. 

“Komplikasi yang muncul akibat  osteoporosis diantaranya mobilitas berkurang sehingga menyebabkan berat badan bertambah, depresi ketakutan akan patah tulang dan nyeri” ungkap dr. Niha

Dia berharap kedepannya masyarakat dapat menerapkan pencegahan osteoporosis dengan memenuhi jumlah kalsium dan vitamin D sesuai rekomendasi kebutuhan harian, berolahraga secara rutin seperti berjalan, joging, angkat beban dan berdansa, berhenti merokok dan membatasi konsumsi minuman beralkohol, pungkasnya (pkrs-humas/rsudssma).