thumb

Pentingnya PDGM Bagi Penyandang Diabetes, RSUD SSMA Gelar Edukasi

PONTIANAK- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan edukasi kepada 10 pasien dan pengunjung rumah sakit tentang Pemantauan Gula Darah Mandiri (PGDM), Jumat (10/11/2023).

dr. Nihayatus Solikhah, Dokter umum sekaligus edukator diabetes mengatakan pemantauan gula darah mandiri merupakan pemeriksaan glukosa darah berkala yang dilakukan dengan menggunakan glukometer oleh penyandang diabetes sendiri atau keluarganya yang telah mendapat edukasi dari tenaga kesehatan terlatih.

"Pemantauan gula darah mandiri sebaiknya dilakukan secara terstruktur melalui pengecekan gula darah pada waktu-waktu tertentu sepanjang hari dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan pengobatan penyandang diabetes", ucapnya ketika penyuluhan. 

Dia mengatakan pengecekan gula darah dilakukan pada waktu sebelum makan, dua jam setelah makan dan menjelang tidur secara rutin setiap hari 
"Kecuali penyandang diabetes yang gula darahnya sudah terkontrol dengan baik dapat konsisten melakukan pengecekan setiap minggu atau setiap bulan,” kata dr. Niha. 

Bagi penyandang diabetes pengecekan gula dapat dilakukan secara mandiri dan berkala tanpa harus keluar rumah, tentu ini akan lebih menghemat biaya. 

“Memantau kadar gula darah setiap saat sangat bermanfaat untuk mengetahui kadar gula darah apakah terlalu rendah atau terlalu tinggi agar dapat segera dilakukan penanganan sedini mungkin." imbuhnya.

Dia menghimbau agar tidak hanya melakukan pengecekan gula darah secara rutin saja namun penyandang diabetes juga perlu mengatur pola makan yang sehat, rutin berolahraga, dan patuh mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter.(pkrs-humas/rsudssma).