thumb

Pentingnya Insulin Dalam Tubuh, RSUD gelar edukasi

PONTIANAK -  Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh salah satu organ tubuh kita, yang bernama pankreas, terganggunya hormon insulin dalam tubuh harus segera diatasi, menyebabkan gula dalam darah dapat terkendali dengan baik. 

Hal ini disampaikan oleh dokter Nihayatus Solikhah pada saat melakukan edukasi tentang Pentingnya Insulin Dalam Tubuh kepada 15 pasien diabetes di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak. Jumat (30/8/2024). 

Menurut dr. Nihayatus, hormon Insulin penting bagi tubuh karena berfungsi membantu penyerapan glukosa dalam sel-sel tubuh sehingga kadar gula dalam darah dapat terkendali dan membantu proses pemindahan glukosa dari darah ke dalam sel otot, sel lemak, dan hati untuk disimpan dalam bentuk glikogen yang akan digunakan sebagai cadangan energi. 

“Penderita diabetes harus memahami pentingnya insulin dalam mengendalikan gula dalam darah  sehingga pasien tidak mengalami kekhawatiran lagi ketika mendapat terapi insulin dari dokter yang merawatnya” kata dr. Nihayatus.

Dengan minimnya informasi tentang insulin, Dia berpendapat perlu dilakukan penyuluhan tentang insulin sebagai salah satu pilar penatalaksanaan diabetes kepada komunitas diabetes yang berkunjung ke rumah sakit. Selain itu, banyak pasien yang menggunakan insulin belum tepat mulai dari cara penyimpanan insulin, lokasi penyuntikan, bahkan teknik penyuntikannya, yang dapat menyebabkan insulin tidak efektif yang berakibat pada pengontrolan gula darah. 

Dia berharap dengan penatalaksanaan penyakit diabetes yang tepat maka komplikasi bisa dicegah, serta bagi penderita diabetes yang sudah terjadi komplikasi tidak mengalami kecacatan. Selain itu dengan adanya edukasi ini dapat mengurangi ke khawatiran dan rasa  takut akan penggunaan suntik insulin. Sehingga penggunaan insulin dapat di gunakan dengan baik dan benar.

Erin Pratmasuta (62), Salah satu pengunjung RSUD SSMA mengatakan sangat senang dengan adanya penyuluhan ini, pasalnya Dia lebih banyak mengetahui tentang manfaat insulin dalam mengendalikan gula darah. 

"Sekarang saya mengetahui ternyata hormon insulin itu suatu kebutuhan bagi tubuh untuk membantu mengendalikan gula darah saya, " tuturnya. 

Dia berharap penyuluhan seperti ini rutin dilakukan oleh RSUD SSMA agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan informasi tidak hanya Insulin tetapi juga memberikan informasi tentang hal-hal lain seputar diabetes. (pkrshumas/rsud-ssma)