thumb

Minuman Kekinian Rasa Manis Bikin Menangis

PONTIANAK - Minuman kekinian merupakan istilah yang digunakan untuk minuman–minuman inovatif dan populer, baik karena rasa maupun ciri khasnya yang unik. Minuman kekinian tersebut menjamur dimana-mana dan menjadi favorit banyak orang terutama di kalangan anak muda.

Tidak sedikit yang rela mengkonsumsi minuman ini setiap hari yang tanpa disadari minuman kekinian ini mengandung tinggi gula. Apabila konsumsinya berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Daryati, S.KM saat memberikan edukasi seputar minuman kekinian kepada 18 pasien dan pengunjung RSUD SSMA Kota Pontianak, Selasa (15/10/2024).

Menurut Daryati, Dalam segelas memiliki kadar gula tiga puluh delapan gram atau setara dengan dua ratus sembilan puluh sembilan kalori. Padahal didalam pedoman diet indonesia anjuran untuk konsumsi gula hanya sebesar sepuluh persen dari kebutuhan energi total sehari.

“Apabila kebutuhan energi seseorang dalam sehari sebesar seribu lima ratus kalori maka idealnya energi dari gula hanya seratus lima puluh kalori dalam sehari,” jelasnya.

Persoalannya, saat seseorang meminum minuman tersebut, tubuh akan menerima energi dari gula sebesar dua ratus sembilan puluh sembilan kalori. Artinya tubuh telah kelebihan seratus empat puluh sembilan kalori dalam sehari. 

Daryati menyebut dampak minuman manis berlebihan antara lain kelebihan berat badan, diabetes melitus, jantung, ginjal, dan kerusakan gigi.

Mengingat dampak serius yang ditimbulkan dari kebiasaan mengkonsumsi minuman manis tersebut maka Dia mengimbau agar masyarakat mulai mengurangi konsumsi minuman kekinian mulai dari sekarang. (pkrs-humas/rsudssma)