thumb

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Asma Pada Anak

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Asma Pada Anak

PONTIANAK – Asma adalah peradangan menahun saluran napas yang menyebabkan penyempitan dan hiper reaktivitas saluran napas.

Asma bisa diderita siapa saja termasuk anak namun belum tentu semua orang tua menyadari gejala asma yang terjadi pada anak.

Oleh karena itu masyarakat perlu mengenal lebih dekat gejala asma, pertolongan pertama pada asma, cara mencegah dan mengendalikan asma, hal itu diungkap oleh dokter muda Milenia Fara Endira, S.Keb ketika memberikan penyuluhan tentang Mengenal Lebih Dekat Asma Pada Anak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Senin (22/01/2024).

Dia menyebut banyaksekali faktor pencetus asma diantaranya tungau debu rumah, bulu binatang, perubahan cuaca, asap rokok, polusi kendaraan bermotor, obat-obatan, asap rumah tangga, infeksi saluran pernafasan, serbuk sari bunga, emosi berlebih, makanan dan minuman dingin, penyedap rasa, pengawet dan pewarna. 

“Gejala asma dapat dirasakan seperti sesak nafas, batuk terutama pada malam hari atau dini hari,” imbuhnya. 

Milenie berbagi tips, pertolongan pertama jika terjadi serangan asma dengan terapi teratur dan edukasi cukup, pengobatan dengan inhalasi obat pelega/pereda yang bisa digunakan maksimal 2x, apabila gejala tidak membaik segera bawa dipelayanan kesehatan terdekat.

"hindari penggunaan bantal dan kasur dari bahan kapuk, ganti sprei secara berkala, olahraga teratur, jaga kebersihan perabotan rumah, tidak merokok, gunakan masker bila menyapu lantai atau ditempat yang berisiko terkena debu atau polusi. (pkrs-humas/rsudssma).