thumb

Kenapa Cuci Tangan Itu Penting?

Praktek 6 langkah mencuci tangan

 

RSUD SSMA Ajak Masyarakat Untuk Peduli Terhadap Kebersihan Tangan

PONTIANAK - Mencuci tangan merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu melindungi diri dari berbagai kuman penyakit. Tanpa disadari tangan justru sering kali menjadi perantara dari berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh.

Hal itu diungkap oleh Nuryana, A.Md.Kep ketika memberikan edukasi tentang pentingnya cuci tangan kepada 20 pasien dan pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Kamis (1/2/2024).

“Kuman penyakit dapat menyerang kapanpun dan dimanapun. Menempel dipermukaan barang yang kita gunakan atau bahkan dapat menempel pada bagian tubuh termasuk tangan kita,” kata Nuryana. 

Dia menambahkan, Ada dua cara membersihkan tangan yang dianjurkan yaitu mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun dengan durasi 40-60 detik dan yang kedua adalah dengan menggunakan cairan yang mengandung alkohol 60% - 70% dengan durasi 20-30 detik. 

"penting bagi masyarakat menjadikan cuci tangan dengan sabun sebagai bagian dari gaya hidup sehat agar terlindungi dari berbagai penyakit," imbuhnya. 

Dengan 6 langkah mencuci tangan yang benar, menurut WHO dapat memberikan manfaat bagi kita untuk menurunkan risiko tertularnya berbagai penyakit yang ditularkan melalui udara seperti pilek dan flu, cacar air atau meningitis, diare, hepatitis A dan berbagai penyakit lainnya. 

"Dengan penyuluhan ini saya berharap masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi pentingnya mencuci tangan dengan cara yang benar, ” pungkasnya (pkrs-humas/rsudssma/2024).