thumb

Hari Kesehatan Gigi Dan Mulut, RSUD SSMA Gelar Penyuluhan Seputar Kesehatan Gigi

Kenali Struktur Gigi, Jaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

PONTIANAK - Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional atau Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) diperingati tanggal 12 September setiap tahunnya. Tema yang diusung pada peringatan HKGN tahun ini adalah “Gigi Sehat Indonesia Maju”. Kesehatan gigi dan mulut untuk kesehatan semua.

Momen ini dimanfaatkan untuk menggugah kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, yang perlu dijaga sejak dini.

 

Pasalnya, kesehatan gigi dan mulut tidak bisa diabaikan, karena gigi dan mulut merupakan tempat masuknya makanan ke dalam tubuh. Gigi  yang sehat  mampu mengunyah makanan dengan baik sehingga asupan gizi juga baik dan menyebabkan kondisi kesehatan yang baik. 

Hal ini senada dengan ucapan drg. Majdiyana bahwa gigi dan mulut yang sehat adalah cermin kesehatan tubuh kita.  Sehingga perlunya masyarakat mempunyai kebiasaan merawat giginya dengan baik. Hal ini disampaikan pada saat memberikan penyuluhan seputar kesehatan gigi dan mulut kepada 23 pengunjung RSUD SSMA Kota Pontianak, Kamis (12/9/2024)

Dokter gigi Febria menjelaskan gigi yang sehat adalah memiliki mahkota gigi yang utuh, berwarna putih kekuningan, tidak terdapat karang gigi, tidak terasa sakit, dan tidak terdapat lubang atau karies.

“Namun, jika gigi tidak dirawat dengan baik, maka sangat dimungkinkan terjadi masalah gigi seperti plak dan gigi berlubang,” ungkapnya.

Febria menambahkan, bahwa gigi berlubang tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena menyebabkan gigi mati, gusi bernanah, bahkan berakhir pada pencabutan gigi. 

Agar gigi dan mulut sehat, drg. Devina Wardhani Putri berbagi tips menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan melakukan sikat gigi sebanyak dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur, dengan menggunakan peralatan dan bahan yaitu sikat gigi, pasta gigi fluoride, benang gigi, obat kumur dan tongue scraper.

Ia juga mengatakan, mengganti sikat gigi secara berkala setiap tiga sampai empat bulan sekali juga perlu dilakukan agar dapat membersihkan kotoran pada gigi dengan maksimal.

“Dan jangan lupa kontrol kedokter gigi rutin setiap enam bulan sekali, meskipun tidak ada keluhan sakit gigi,” paparnya. (PKRS-humas/rsudssma/2024)