thumb

Edukasi DM pagi ini pak Mitos dan Fakta Seputar Diabetes

RSUD SSMA Berbagi Informasi Tentang Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Diabetes Melitus

PONTIANAK - Diabetes Melitus atau kencing manis  merupakan suatu penyakit yang ditandai adanya gula dalam darah melebihi nilai normal  disebabkan karena ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi atau merespon hormon insulin secara efisien.

Hormon insulin berfungsi membantu gula atau glukosa masuk ke dalam sel-sel untuk diubah menjadi energi.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, muncul berbagai mitos dan fakta seputar penyakit diabetes melitus. Hal tersebut disampaikan oleh Ahmad Sunarya, A.Md.Kep ketika memberikan informasi kesehatan tentang Mitos dan Fakta Seputar penyakit diabetes melitus kepada 8 pasien dan pengunjung UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Jumat, 5/4/2024.

“Salah satu mitos yang berkembang dimasyarakat diantaranya diabetes melitus disebabkan karena banyak konsumsi makanan yang manis, hal ini kurang tepat, faktanya, makanan manis ini mengandung karbohidrat tinggi yang bisa memicu berat badan lebih atau obesitas

Ketika  terjadi obesitas tubuh sulit merespon insulin dengan demikian glukosa  tidak bisa masuk ke dalam sel, dan berakibat tingginya gula di dalam darah atau yang disebut diabetes, jelas Sunarya.

Menurutnya, mitos lain yang sering beredar dimasyarakat bahwa  konsumsi obat diabetes terus menerus menyebabkan penyakit ginjal, faktanya jika tidak mengkonsumsi obat diabetes secara rutin maka kadar gula dalam darah tinggi  yang justru menyebabkan ginjal kesulitan mengolahnya dan menyebabkan gangguan pada organ ini.

Sunarya menambahkan ada lagi anggapan di masyarakat bahwa "diabetes merupakan penyakit keturunan" Tidak benar jika ada orang yang beranggapan demikian, apabila orangtua, kerabat, nenek moyang kita mengidap penyakit diabetes maka belum tentu anaknya akan mengalami hal yang sama, diabetes dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, rajin beraktivitas fisik, serta menjaga berat badan ideal.

"Mitos lain yang beredar di masyarakat adalah "diabetes bisa disembuhkan",  faktanya diabetes melitus adalah penyakit kronis (berlangsung lama) dan belum ada abatnya, pengobatan diabetes selama ini untuk mengelola gula darah agar tetap dinilai normal," ungkapnya.

“Mengenali perbedaan antara mitos dan fakta seputar penyakit diabetes sangat penting untuk menjaga gula darah tetap terkendali. Dengan mematuhi anjuran dokter dan menjalankan 5 pilar penatalaksanaan diabetes sebagai salah satu upaya agar penyakit yang kita derita tidak mengalami perburukan ” tutupnya (pkrs-humas/rsudssma/2024)