thumb

Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM), RSUD SSMA Berikan Edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Caption

 

PONTIANAK - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan edukasi kepada 25 pengunjung rumah sakit tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat untuk mencegah penyakit tidak menular, Selasa (21/11/2023).

"adanya perubahan pola hidup masyarakat yang semakin modern dapat menyebabkan bertambahnya kasus penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes melitus, kanker, stroke, tekanan darah tinggi dan jantung," kata Natalia Mastika, S.K.M sebagai penyuluh kesehatan masyarakat.

Menurut Natali, untuk mencegah PTM di era masyarakat modern perlu dilakukan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. 

"sebagai contoh GERMAS yaitu melakukan aktivitas fisik rutin minimal 30 menit sehari, konsumsi sayur dan buah dalam menu sehari-hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksakan kesehatan secara rutin setiap 6 bulan sekali, membersihkan lingkungan serta menggunakan jamban," ungkapnya kepada peserta penyuluhan. 

Dia berharap penyuluhan yang dilaksanakannya memberikan dampak terjadinya perubahan pola hidup yang lebih sehat di masyarakat. "perubahan gaya hidup yang lebih sehat untuk mencapai kualitas kesehatan yang lebih baik dan lebih produktif" pungkasnya. (pkrs-humas/rsud/ssma)