thumb

Cegah Penyakit Dengan Cuci Tangan, RSUD SSMA gelar Penyuluhan Cuci Tangan 6 Langkah

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak mengelar penyuluhan kesehatan kepada 40 pasien dan pengunjung rumah sakit tentang Cuci Tangan 6 Langkah, Kamis (19/10/2023).

Nova Harviana, A.Md.Kep menuturkan cuci tangan merupakan salah satu upaya yang sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan (hand hygiene) kita dalam melindungi diri dari berbagai kuman penyakit. Kebiasaan sederhana ini terbukti efektif dalam menurunkan risiko berbagai penyakit.

“Salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang ketika mencuci tangan adalah hanya menggunakan air saja, tapi tidak menggunakan sabun. Padahal air saja tidak cukup untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan kita”. Imbuhnya

Menurutnya, kuman bisa menempel di tangan tanpa kita sadari saat kita memegang benda-benda yang terkontaminasi di tempat umum seperti pegangaan pintu, kursi tunggu, meja, kaca dan lain lain.

“Ada banyak risiko penyakit yang bisa terjadi bila tidak mencuci tangan dengan benar seperti pilek, flu, diare, hepatitis A, infeksi kulit dan mata serta penyakit lainnya” ungkap Nova

“Dia berharap dengan penyuluhan ini, masyarakat dapat menerapkan cuci tangan 6 langkah dengan benar di kehidupan sehari-hari terutama sebelum dan sesudah (makan, menyiapkan makanan, merawat orang sakit, merawat luka, mengganti popok bayi), setelah menggunakan toilet, setelah bersin atau batuk, setelah menyentuh sampah dan setelah membersihkan kotoran hewan, pungkasnya (pkrs-humas/rsudssma)