thumb

Bahaya Membuat Gigi Palsu Sembarangan

PONTIANAK – Banyak cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat jika ingin mengganti giginya yang hilang, salah satu solusinya yaitu dengan membuat gigi palsu atau gigi tiruan.

Hal itu diungkap drg. Deri Abdul Aziz  dokter gigi internsip  ketika memberikan penyuluhan tentang Bahaya Membuat Gigi Palsu Sembarangan kepada 22 pasien dan pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Selasa (16/01/2024).

drg. Deri  menyebutkan,  gigi palsu ada beberapa jenis  diantaranya gigi tiruan cekat, gigi tiruan sebagian lepasan, dan gigi tiruan lengkap.

"Masyarakat dapat memilih jenis gigi palsu tersebut sesuai dengan kebutuhan,  Gigi tiruan cekat dapat digunakan apabila kehilangan 1 sampai 3 gigi dan dapat dilepas pasang, gigi tiruan sebagian lepasan dapat digunakan apabila kehilangan lebih dari 3 gigi dan dapat dilepas pasang, sedangkan gigi tiruan lengkap dapat digunakan apabila kehilangan seluruh gigi dan dapat dilepas pasang,” paparnya,

Dia menambahkan sebelum pembuatan gigi tiruan sebaiknya dilakukan perawatan terlebih dahulu, dengan cara pemeriksaan gigi dan mulut, pencabutan sisa akar apabila ada, kemudain baru pembuatan gigi palsu. 

"Bentuk gigi palsu yang tidak sesuai dapat mengakibatkan gigi bengkak, oleh karena itu  sebelum membuat gigi palsu sebaiknya  konsultasi  terlebih dahulu  ke dokter  gigi," pungkasnya. (pkrs-humas/rsudssma/2024)