thumb

Sering Alami Nyeri Ulu Hati, RSUD SSMA Gelar Penyuluhan Dispepsia

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan edukasi kepada 45 pasien dan pengunjung rumah sakit tentang Mengenal Dispepsia, Selasa (3/10/2023).

Dokter Muda Stase Penyakit Dalam Bima Zahri dan Sonia Veronika mengatakan dispepsia atau sering dikenal dengan maag sangat penting diketahui masyarakat yang cukup umum dialami oleh kebanyakan orang.

"Dispepsia merujuk gejala rasa nyeri atau terbakar di ulu hati, rasa penuh atau tidak nyaman setelah makan dan rasa cepat kenyang" kata Bima

Dia menambahkan, Dispepsia sering ditemukan di praktik sehari-hari dan mayoritas gejalanya dapat dikontrol dengan perubahan gaya hidup masing-masing individu.

Dengan penyuluhan ini, Dokter Muda Bima Zahri dan Sonia Veronika berharap agar masyarakat dapat memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap dispepsia dan mampu menerapkan pencegahan dispepsia di kehidupan sehari-hari seperti makan dengan porsi kecil tapi sering.

"hindari konsumsi makanan berlemak, pedas, bersoda, alkohol dan mengandung kafein, tidak merokok, olahraga secara teratur serta hindari stress dan rasa cemas" pungkasnya. (*pkrs-humas/rsudssma*)